10 Hal ini hanya seorang Drafter Autocad yang tahu

Sunday, October 29, 2017
Menjadi seorang Drafter Autocad bagi sebagian orang adalah Jalan hidup yang harus dijalani sehari-hari demi nafkah, pengalaman, dan pengabdian. Banyak suka dukanya yang tampaknya lebih banyak dukanya, hehe..

Berdasarkan pengalaman dari saya sendiri dan rekan-rekan drafter yang pernah saya tanyai, berikut ini adalah 10 hal yang bakal kamu rasakan bila kamu menjadi seorang Drafter.


1. Kerjaan datang diujung hari


Bagi seorang karyawan jam paling ditunggu adalah jam pulang, tapi apa jadinya bila 15 menit sebelum jam pulang tiba-tiba ada kerjaan masuk, harus dikerjakan saat itu juga dan harus selesai hari itu juga, hh...

2. Kerjaan penuh resiko, dan rawan sekali salah


Kerja buat gambar tuh kelihatannya saja enak, tapi kalo kamu tahu, rasanya deg-degan, hh... gimana tidak buat gambar yang rumit dan banyak perhitungan tapi gak boleh salah sama sekali. Kalau sampai salah potong gaji taruhannya, hhh....

3. Banyak di PHP, Kalo lagi apes kerjaan dibawa kabur gak dibayar


Para Freelancer pasti sering ngalami yang beginian, waktu masih dikerjain suka tanya-tanya kapan selesai dan sebagainya, tapi begitu dah dikasih gambarnya dan ditagih bayaran banyak lagaknya, yang sibuk lah, yang minta revisi lah, paling apes orangnya gak nongol lagi, hh...

4. Komentar meremehkan


Kalau ini gak Cuma drafter sih, kadang bagian yang lain juga mengalami. Dikira gampang kali ya buat gambar, ada proses kerja dan cek n ricek kalau gak mau salah. Kadang orang yang gak ngerti ngomongnya seenaknya, “ Alah copy paste doang kok lama sih”.. orang yang ngomong kayak gitu enaknya dicekek saja ya, hh....

5. Kerja Engineering gaji drafter


Kadang orang gak tau ya, kalau buat gambar itu susah, apalagi  kalau harus merancang dari NOL. Dikiranya sama dengan gambar yang tinggal edit-2 dimensi doang. Kalau gaji sesuai sih gak masalah, dah gaji UMR mintanya seabrek yang buat ini-itu, buat estimasi material Dll, kalau salah dikit aja diomel-2 in dengan kata-2 yang pantas. Hadehh, semoga dikasih sabar ya, hh...

6. Gambar yang dibuat dengan tetesan keringat di perlakukan seenaknya


Ada yang pernah ngalamin gak gambar salah dikit tapi malah dicoret-coret gak karu-karuan. Sakitnya tuh disini, hhh...

7. Dapat ucapan Terimakasih doang


Kadang ada juga temen-2 yang gak menghargai kerja kerasnya seorang drafter, dia pikir gampang ya buat gambar, mentang-2 teman, begitu gambar jadi hanya bilang “ Trimasih ya...” terimakasih gundulmu, hh....

8. Ilmu yang gak pernah mati, Ilmu yang berkembang terus..


enaknya drafter yaitu paling menguasai keilmuan. banyak belajar dan banyak diajari ini itu.. kalau dah pinter, pindah kerja cari yang lebih gede gajinya, hh...

9. Pinggang sakit pantat panas


Nah kalau ini tandanya harus jalan-2 ke lapangan bro, kalo gak ngobrol dikit-2 sama adm siapa tau ada yang diincer, hh...

10. Suka dapat job sampingan


Ini salah satu kelebihan drafter, kalo ada teman dapat job / tender suka dimintain tolong masalah gambar, lumayan lah buat nambah-2 uang bensin dan pulsa ya gak? Hh...

Ada yang mau menambahkan..?

Seorang Engineer yang mencoba untuk berbagi Ilmu dan Informasi melalui blog

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
insan firdaus
AUTHOR
29 October 2017 at 23:37 delete

Sabar adalah kunci dari semua ini

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 October 2017 at 14:23 delete

11.Revisi berkali kali

Reply
avatar
zaenal arifin
AUTHOR
1 November 2017 at 04:10 delete

haha... tau saja. iya betul dulu waktu masih baru buat gambar satu revisinya bisa sampai piluhan kali, hh... kl sekarang sih yang nyuruh revisi tak pelototin duluan, hh...

Reply
avatar
Sudargo
AUTHOR
13 November 2017 at 16:22 delete

NO.3 Kerasa Banget, kerjaan sebulan di minta 3 hari kelar, dah kelar, kelar juga bayarannya

Reply
avatar
zaenal arifin
AUTHOR
16 November 2017 at 17:50 delete

Anda belum beruntung, hh..

Reply
avatar